KPM Temanggung-Yogjakarta Mengabdi di Dusun Kedopokan Kabupaten Temanggung

Temanggung, Buana Pers – Keluarga Pelajar Mahasiswa (KPM) Temanggung-Yogjakarta mengadakan berbagai kegiatan di Dusun Kedopokan, Desa Tlogopucang, Kecamatan Kandangan, Kabupaten Temanggung pada 19-21 November 2021.

Kegiatan yang mengusung tema “Mbangun Paseduluran Lumeber Ing Kedopokan” diselenggarakan oleh KPM Temanggung-Yogjakarta yang berkolaborasi dengan para pemuda juga Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama (IPNU) dan Ikatan Pelajar Putri Nahdlatul Ulama (IPPNU) yang ada di dusun tersebut.

Selama tiga hari, mereka mengadakan berbagai kegiatan yang terbilang cukup seru. Di mulai Jum’at sore mengadakan nonton bareng bersama anak-anak TPQ. Kemudian Sabtu pagi-siang mengikuti aktivitas warga seperti pengolahan gula semut, melihat proses berternak ayam, pengambilan air nira dari pohon aren, menjajal pembuatan sirup. Pun malamnya ada kultum dan juga sholawatan. Di hari Minggunya mereka mengadakan aktivitas senam pagi, mengelar stand bazar dan siangnya ada perlombaan volly putri hingga petang.

Adapun tujuan dari kegiatan tersebut adalah untuk membangun kebersamaan serta memberikan kontribusi kepada kota Temanggung yang dimulai dari Dusun Kedopokan, Temanggung. Selain itu juga mempererat persaudaraan dan solidaritas antara mahasiswa Temanggung yang berada di Yogyakarta dengan para pemuda-pemudi di Dusun Kedopokan. Kata Ketua Pelaksana, Bayu Chandra Kusuma.

Rasa terimakasih pun juga turut disampaikan Bapak Tumbal Sholeh selaku Kepala Dusun Kedopokan kepada KPM Temanggung yang mau mengabdi di Dusun tersebut.

“Namun untuk kedepannya semisal mau mengadakan kegiatan lagi bisa dipersiapkan secara lebih matang agar hasilnya bisa maksimal dan sesuai yang diharapkan.” Pungkas Bapak Tumbal Sholeh.

Memang persiapan kegiatan tersebut terbilang cukup mepet. Hal ini juga dikonfirmasi oleh Ketua Pemuda Dusun Kedopokan, Bapak Mustakori yang mengatakan “Semisal waktunya tidak mepet, mungkin kegiatan tersebut bisa lebih meriah lagi.”

Lebih jauh daripada itu, beliau juga berharap agar kegiatan seperti ini bisa dilanjutkan di tahun-tahun yang akan datang.

Penulis: Khoirul Atfifudin

Narasumber:

1. Bayu Candra Kusuma (Ketua Pelaksana)

2. Bapak Mustakori (Ketua Pemuda Dusun Kedopokan)

3. Tumbal Sholeh (Kepala Dusun Kedopokan)

Leave a Reply

Your email address will not be published.