MENGUSUNG TEMA KEKINIAN, MERCOMMFEST 2021 SUKSES MENGGAET RATUSAN PARTISIPAN

Yogyakarta, Buana Pers – Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Fakultas Ilmu Komunikasi & Multimedia (FIKOMM) Universitas Mercu Buana Yogyakarta (UMBY) sukses melaksanakan kegiatan Mercu Buana Communication Festival (Mercommfest) 2021. Event yang dilaksanakan pada tanggal 23 November 2021 ini terbilang sukses dengan banyaknya partisipan yang antusias mengikuti jalannya acara dari awal hingga akhir.

Dokumentasi Kegiatan Mercommfest 2021
Dokumentasi Kegiatan Mercommfest 2021

Event yang dilakukan secara online ini mengusung tema Creating Personal Branding on Social media yang dibawakan oleh Esther Natalia Dominiq Lubis yang merupakan Ceo & Founder of Produktifkuy, Social Media Officer at PT Indosat, Manager Tiktok Talents at Akademis.id. Tema ini diambil karena melihat pemanfaatan media sosial sebagai media branding masih sangat kurang.

Didik Haryadi Santoso, S.Kom.I., M.A selaku Dekan Fakultas Ilmu Komunikasi dan Multimedia juga menyambut acara. Kemudian disambung oleh Devilia Putri Benawa selaku ketua pelaksana Mercomfest 2021, dan Riyu Whirdatama selaku Steering Committee (SC) sekaligus Ketua BEM FIKOMM.

“Mercommfest ini sudah dipersiapkan sejak bulan Juli 2021, yang mana mulai intens membahas persiapan acara tiga bulan sebelum mercommfest ini dimulai. Dalam kegiatan ini kami juga memberikan kesempatan bagi mahasiswa FIKOMM untuk bergabung dalam kepanitian, melalui jalur open recruitment panitia.” Kata Devilia

Mercomfest tahun ini juga berkerja sama dengan beberapa Media Partner yang berasal dari internal maupun eksternal kampus seperti @jogjapunyaacara, @infomahasiswaindonesia, @rbtv_jogja, @eventmahasiswa8, @info.webinarid, @lpmbuanapers, @mercutv, @bempsikologiump, @bemikmicirebon, sejuta cita, dan DLM Unsoed. selain itu, event ini juga menggaet sponsor yang cukup besar seperti Inez Cosmetik, Joy Dental, Benecol, Mangrove Printing, Thrift By Misora, dan Jenius guna mendukung dan mensukseskan Mecomfest 2021.

Mercomfest 2021 juga memiliki tampilan baru pada segmen perlombaannya, dimana tahun ini panitia menawarkan satu lomba yaitu pemilihan Duta FIKOMM 2021 yang nantinya dapat dijadikan contoh bagi mahasiswa Ilkom itu sendiri. Selain duta, terdapat lomba-lomba yang tak kalah menarik seperti Photography, News Achor, Short Movie dan Poster dimana antusias yang mengikuti lomba cukup banyak.

“Seperti Event lainnya, pastinya banyak kendala atau hambatan yang terjadi seperti kendala teknis, kendala dalam segi koordinasi, adanya miss communication antar divisi, dan karena acara ini dilaksanakan saat pandemi membuat panitia yang seharusnya terlibat dilapangan menjadi sangat terbatas. Akhirnya, kami memutuskan untuk membentuk kepanitiaan secara online dan offline agar waktu yang digunakan lebih efektif dan efisien.” Pungkas Devilia

Dalam keterangannya ia sangat berharap bahwa Mercommfest kedepan dapat berjalan dengan lancar dan lebih baik lagi dengan meminimalisir kendala yang terjadi, lebih inovatif dari segi lomba-lomba yang ditawarkan, memperkuat koordinasi antar panitia agar Mercommfest selanjutnya dapat bersaing dengan event besar berskala nasional lainnya.

Acara ini dimeriahkan oleh penampilan guest star Adlani Rambe di sesi kedua guna menghibur peserta yang hadir dan ditutup dengan memberikan kesempatan kepada beberapa peserta untuk menyampaikan kesan dan pesan selama acara berlangsung serta sesi dokumentasi.

Penulis : Alan Dwi Arianto

Narasumber : Devilia Putri Benawa

Leave a Reply

Your email address will not be published.