Menilik Kiat Sukses Menjadi Mahasiswa Berprestasi Ala Sevina Indriani

Yogyakarta, Buana Pers – Sevina Indriani merupakan Mahasiswi Universitas Mercu Buana Yogyakarta (UMBY)  yang mendapat  prestasi  sebagai Mahasiswi Teladan dan Mahasiswi Berprestasi pada program studi Pendidikan Matematika UMBY (2021/2022).

Ia menjelaskan bahwa cara memaksimalkan cara belajarnya ialah dengan selalu berkonsultasi kepada dosen mata kuliah. Hal ini ia lakukan sejak kuliah offline sampai kuliah online yang saat ini sedang berlangsung. Hanya saja cara berkonsultasi berbeda dimana ketika offline ia dapat bertanya secara langsung, sedangkan ketika online ia melakukan komunikasi via WA dan media pendukung pada jam-jam kerja.

Menjadi mahasiswi berprestasi ternyata Sevina sama seperti mahasiswa lainnya. Ketika sedang tidak dalam kondisi yang baik atau ketika memiliki waktu senggang, ia memilih untuk merehatkan diri dari akademik seperti mencari kesenangan lain, membuka sosial media, jalan-jalan, menyalurkan hobi make up, dan lainnya. Ia mengatakan bahwa tidak baik memaksakan diri untuk terus belajar karena akan membuat kita merasa stress.

“Aku misalnya dapet tugasnya hari ini dan deadline-nya 3 hari, aku gak nunggu waktu mepet, karena kalau aku ngerjainnya H-1 terus misalkan aku gak paham kan jadi susah. Jadi, saat itu juga aku kerjain, sehingga kalau ada yang gak ngerti atau gak paham aku masih ada waktu untuk bertanya.” Ujar Sevina kepada Buana Pers, Jumat (18/03/2022)

Selain faktor dari dalam diri, faktor luar juga memberikan pengaruh dalam perkembangan prestasi yang didapatkan. Sevina mengatakan motivasi terbesar dalam meraih prestasi ini adalah keluarga. Keluarga nya sendiri tidak pernah menuntut ia harus berprestasi, namun apresiasi yang diberikan oleh keluarganya menjadi dorongan tersendiri bagi dia untuk terus meningkatkan nilai akademiknya.

Sevina Indriani juga menerima Beasiswa Mahasiswa Prestasi baik dari Perguruan Tinggi maupun dari Daerah Kepulauan Bangka Belitung. Hal inilah yang menjadi salah satu pencapain terbesar yang ia dapatkan. Ia mengatakan bahwa target yang saat ini ingin diraih adalah dapat segera menjalani sidang skripsi dan mendapatkan hasil yang terbaik. Ia juga berniat untuk melanjutkan pendidikannya setelah lulus ke jenjang yang lebih tinggi yaitu magister dan bekerja sesuai dengan jurusannya.  Dibalik pencapaian dan target tersebut, Sevina mengaku bahwa ia pernah mengalami masa-masa sulit selama menempuh pendidikannya apalagi ditambah dengan hambatan serta kendala yang dialaminya.

Selain berprestasi di bidang Akademik, Sevina juga berprestasi di bidang non akademik. Sevina mencoba dunia modeling sejak SD dan di tahun 2020-2021 Sevina menjadi salah satu Finalis Putri Hijab Kalimantan Barat 2020 dan Finalis Putri Hijab Bangka Belitung 2021.  “Kalau modeling sebenernya udah coba-coba dari SD dan beberapa kali ikut ajang pageant juga, keluarga juga dukung di modeling ini juga, tapi emang gak begitu di seriusin, dan emang lebih fokusnya ke bidang akademik.” tutur Sevina Indriani.

“Buat temen-temen yang lagi sekolah atau kuliah ketika guru atau dosen kalian menjelaskan perhatiin aja, catat sebanyak-banyaknya nanti ada waktunya kaliah pasti butuh catatan itu. Kalau lagi bosen ataupun capek, coba nikmatin aja waktunya dengan istirahat, main HP, atau jalan-jalan sebagai self rewardnya. Kalau untuk pelajaran matematika sendiri tuh sebenarnya seru dan gasulit. aku juga dulu gitu pas SD aku kurang suka terus SMP baru mulai suka matematika. Ubah persepsi aja pelan-pelan, belajarnya gausah terlalu buru-buru, kalau nggak bisa ngikutin 100% coba 50% dulu.” pungkasnya .

 

Penulis: Annisa Ghina Wasiilah, Ni Kadek Dian Purnama Sari

Editor :  Alan Dwi Arianto

Leave a Reply

Your email address will not be published.